Manfaat dan Kekuatan Dongeng Pada Psikologi Anak

Bagaimana Mendapatkan Manfaat dan Kekuatan Dongeng Pada Psikologi Anak?

Seiring perkembangan zaman, dongeng menjadi tidak populer bagi anak-anak. Setiap saat sepanjang hari anak-anak dihadapkan pada acara televisi yang sangat beragam. Banyak pilihan yang bisa ditonton karena stasiun televisi mengetahui apa yang disukai anak-anak. Namun demikian, sebenarnya banyak manfaat dan kekuatan dongeng pada psikologi anak yang dapat diambil. Selain mempererat ikatan antara anak dengan orang tua, dongeng juga cara yang cukup efektif untuk menjalin komunikasi yang baik antara keduanya. Manfaat dongeng bagi perkembangan anak diantaranya mampu mengasah imajinasi dan daya pikir. Hal ini belum tentu diperoleh hanya dengan menonton acara di televisi. Anak akan mampu membentuk imajinasi dan visualisasi mereka sendiri dari cerita dongeng yang didengarkan. Dia dapat membayangkan wujud tokoh dan karakternya serta situasi yang ada dalam dongeng tersebut. Cara ini juga akan dapat melatih dan mengembangkan kreatifitas anak itu sendiri.

Orang tua yang bijaksana akan mampu mengambil manfaat dan kekuatan dongeng pada psikologi anak karena dongeng adalah media efektif untuk mengajarkan dan menanamkan nilai-nilai dan etika yang baik kepada anak. Cara ini juga dapat menumbuhkan dan mengembangkan rasa empati dalam diri anak. Nilai-nilai kesetiakawanan, kerja keras, kejujuran, rendah diri yang dicontohkan dalam cerita dongeng dapat diserap oleh anak termasuk kebiasaan keseharian yang baik. Minat baca akan dapat ditumbuhkan melaui dongeng. Cerita yang didengarkan anak pada saat orang tua mendongeng menumbuhkan ketertarikan anak untuk membaca buku dongeng yang sering dibacakan. Selanjutnya, minat baca pada anak akan berkembang pada buku-buku lain seperti ilmu pengetahuan, agama, biografi tokoh dan lain sebagainya.

Mengajarkan Nilai dari Manfaat dan Kekuatan Dongeng Pada Psikologi Anak

Membacakan dongeng pada anak tidak ada batasan usia terkait waktu yang tepat anak mulai mendapatkan dongeng, namun orang tua harus mengetahui dan memahami psikologi anak sesuai dengan usia dalam memberikan dongeng sehingga nilai yang disampaikan dalam dongeng dapat diterima dan diserap dengan baik oleh anak tersebut. Saat anak pada usia pra sekolah, orang tua dapat memilih dongeng yang sifatnya membantu anak untuk mengembangkan perbendaharaan kosa kata yang dimilikinya seperti dongeng tentang binatang. Sedangkan untuk anak-anak yang sudah menginjak sekolah dasar dapat diberikan cerita dongeng yang mengandung nilai, teladan dan pesan moral yang dapat diterapkan dalam kehidupan anak sehari-hari. Mengingat manfaat dan kekuatan dongeng pada psikologi anak, orang tua sebaiknya dapat menggunakan media efektif ini untuk mendidik anak.

One response to “Manfaat dan Kekuatan Dongeng Pada Psikologi Anak

  1. saya sangat membacakan dongeng pada,hanya sebatas membacakan karena saya sendiri tdk tau trik agar anak aktif mendenggarkan dan juga kami belum punya perpustakanbagaimana cara untuk mendapatkan buku-buku dongeng
    ……………………………………remy sumba……………………………

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s