Teknik Pembelajaran Tetap Berjalan


Untuk menjaga pelajaran agar tetap berjalan dengan lancar, ada beberapa hal yang harus dilakukan oleh guru dan ada beberapa yang harus dihindari.  Hal yang harus dilakukan adalah sebagai berikut:

  1. Mengetahui secara pasti apa yang hendak anda lakukan dan memiliki semua sumber yang diperlukan.
  2. Di awal pelajaran dan topik, informasikan kepada siswa tentang tujuan instruksional dan kegiatan yang akan dilakukan untuk mencapainya.
  3. Setiap ada kesempatan, tetapkan bentuk sikap siswa yang dapat diterima dan dimengerti agar tidak ada waktu yang terbuang secara berulangkali dalam berunding siswa (misalnya, izin ke kamar kecil, pembagian materi, giliran maju, berbaris)
  4. Biarkan siswa mengetahui ketika sebuah kegiatan akan diganti sehingga mereka mempersiapkan diri menyelesaikan apa yang sedang mereka lakukan dan siap secara mental untuk menghadapi apa yang akan mereka lakukan.
  5. Selalu perhatikan kebutuhan mayoritas kelas dan sibukkan mereka dengan pelajaran sebelum berurusan dengan siswa yang membutuhkan perhatian khusus.
  6. Dalam memperkenalkan tugas baru, berikan perintah yang jelas.  Tetapkan mengapa tugas tersebut dikerjakan, apa yang harus dilakukan dan perkiraan batas waktu untuk kegiatan tersebut.  Izinkan siswa untuk meminta penjelasan sebelum memerintahkan mereka untuk bekerja.  Berikan semua instruksi sebelum pekerjaan dimulai sehingga anda tidak perlu mengganggu mereka dengan memberikan instruksi lebih banyak lagi setelah mereka mulai bekerja.

Setelah membahas tentang apa yang harus dilakukan, perlu dipertimbangkan apa yang tidak boleh dilakukan oleh seorang guru :

  1. Jangan habiskan waktu yang lebih banyak untuk sebuah kegiatan dari yang sebetulnya dibutuhkan (misalnya, memberikan peralatan siswa, menjelaskan atau menyuruh siswa untuk keluar)
  2. Jangan mengganggu diskusi sebuah topik dan melompat pada topik lain.  (Misalnya, sudah setengah jalan dalam mendiskusikan jawaban soal nomor empat, anda teringat kalau anda lupa memberitahukan beberapa informasi penting tentang jawaban pada soal nomor tiga.  Jangan ganggu diri anda sendiri.  Selesaikan dahulu jawaban soal nomor empat, lalu kembali lagi ke nomor tiga untuk melengkapinya.  Kemudian , anda bisa meneruskan ke soal nomor lima).
  3. Jangan biarkan anda menjadi mudah tergelincir  untuk menjawab pertanyaan yang tidak relevan atau permintaan sesat.  Hal ini penting sekali terutama  ketika sebuah kegiatan  baru sedang dimulai.

Demikianlah beberapa strategi yang bisa anda coba di dalam kelas.  Semoga bermanfaat bagi rekan-rekan guru.

Dikutip dari buku “The Discipline Dilemma” by Ramon Lewis

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s