ASI untuk Otak, Susu Sapi untuk Otot

Vera Farah Bararah – detikHealth


(Foto: thinkstock)

Jakarta, Saat ini masih sedikit bayi yang bisa mendapatkan ASI eksklusif selama 6 bulan, beberapa bayi justru diberikan susu formula yang terbuat dari susu sapi. Padahal ASI itu untuk otak sedangkan susu sapi untuk otot.


Kandungan dari susu manusia dan susu sapi itu berbeda. Pada susu sapi kadar proteinnya lebih tinggi yaitu 3,4 persen, sedangkan susu manusia hanya 0,9 persen. Kadar laktosa di dalam susu manusia lebih besar yaitu 7 persen sedangkan di dalam susu sapi sebesar 4,8 persen.


“Karena itu ASI untuk otak dan susu formula untuk otot,” ujar dr IGAN Pratiwi selaku Ketua Satgas ASI IDAI (Ikatan Dokter Anak Indonesia) dalam acara seminar tentang Peningkatan Pemberian ASI Eksklusif Bagi Bayi dalam Mendukung MDGs di Hotel Manhattan, Jakarta, Selasa (29/3/2011).


Dokter yang akrab disapa Tiwi ini menuturkan laktosa sangat penting dalam proses pembentukan myelin otak. Myelin ini berfungsi untuk mengantarkan rangsangan yang diterima oleh bayi. Saat menyusu rangsangan yang diterima oleh si kecil seperti mencium bau ibunya serta mendengar dan merasakan napas sang ibu.


Sedangkan pada susu sapi kandungan yang paling tingginya adalah protein yang berfungsi membantu pembentukan otot karena sapi memang membutuhkan otot yang kuat seperti untuk bergerak atau membajak sawah.


dr Tiwi menuturkan laktosa yang tinggi pada bayi yang baru lahir kadang bisa menyebabkan diare, tapi kondisi ini merupakan suatu hal yang normal atau fisiologis sehingga ibu tidak perlu menghentikan pemberian ASI.


“Jika diare disebabkan oleh fisiologis, maka berat badannya tidak akan turun. Jadi selama berat badannya tidak berkurang, ibu tidak perlu menghentikan pemberian ASI dan normalnya bayi bisa buang air besar sebanyak 10-15 kali sehari,” ungkapnya.


Selain itu AA dan DHA yang terkandung di dalam ASI juga dilengkapi dengan enzim lipase sehingga bisa dicerna oleh tubuh bayi, sedangkan pada susu formula memang ada AA dan DHA tapi tidak ada enzimnya. Hal ini karena enzim lipase baru dibentuk saat bayi berusia 6-9 bulan.


Manfaat lain dari ASI yang tidak didapatkan dari susu formula adalah kandungan kolostrum yang keluar di awal-awal menyusu. Kolostrum yang keluar saat bayi menyusu mengandung 1-3 juta leukosit (sel darah putih) dalam 1 ml ASI.


“Jadi kalau ada yang bening-bening sedikit yang keluar dari payudara jangan diremehkan, karena itu mengandung leukosit yang bisa bermanfaat membunuh bakteri di dalam tubuh bayi,” ujar dokter yang berpraktek di RS Buda Jakarta.


Ia juga mengatakan keberhasilan ibu menyusui untuk terus memberikan ASI pada bayinya sangat ditentukan oleh dukungan dari suami, keluarga, petugas kesehatan, masyarakat serta lingkungan kerjanya.


“Menyusui merupakan suatu proses keseimbangan yang melibatkan tiga orang yaitu ibu, bayi dan ayahnya. Karena itu peran ayah sangat berarti dalam hal keberhasilan pemberian ASI eksklusif selama 6 bulan atau sampai 2 tahun,” ujar dr Utami Roesli SpA, MBA, IBCLC.


Karena itu dr Utami menuturkan bahwa seorang ayah juga punya power (kekuatan) untuk menyehatkan anaknya dan berperan dalam proses menyusui (breastfeeding father).

23 responses to “ASI untuk Otak, Susu Sapi untuk Otot

  1. memang asi paling bagus utk bayi ya ….setelah anak saya lepas asi umur 2 tahun saya berikan susu formula yang benar benar cocok utk anak saya agar tdk menimbulkan alergi atau batuk

    paud anak ceria says :
    Betul sekali mbak Sarah. Salam hangat buat mbak dan keluarga๐Ÿ™‚

  2. iya teringat waktu menyusui suami saya selalu mendukung saya juga begitu pun skrg memilihkan susu lanjutan utk anak balita kami dia selalu menganjurkan mencari sufor yg membantu perkambangan anak saya dan juga kandungan di dlm susu tersebut

    paud anak ceria says :
    Memang memberikan ASi pada bayi sangat dianjurkan bunda, mengingat kebaikannya dari segi kesehatan dan perkembangan bayi x … salam hangat buat bunda dan keluarga ๐Ÿ™‚

  3. artikel yang bagus…jadi semua yang alami adalah yg terbaik untuk anak kita

    paud anak ceria says :
    Terimakasih Mbak Atiek sudah mampir .. memang benar bahwa segala sesuatu yang alami sangat baik bagi kita semua .. salam hangat ..๐Ÿ™‚

  4. Asi emang yg terbaik…daya tahan anak juga lebih bagus klo diberi asix, setelah lepas asi juga baiknya cari sufor yg ga jauh dr asi, dengan rasa yg ga terlalu manis.

    paud anak ceria says :
    Memang betul sekali mbak Clara .. salam hangat dari kami ..๐Ÿ™‚

  5. Asi emang yg terbaik…daya tahan anak juga lebih bagus klo diberi asix, setelah lepas asi juga baiknya cari sufor yg ga jauh dr asi, dengan rasa yg ga terlalu manis.

    paud anak ceria says :
    Thank’s mbak Regina .. Segala kebaikan ada dalam ASI .. salam hangat ..๐Ÿ™‚

  6. aku setuju banget ASI itu untuk otak dan susu sapi utk otot…krn biasanya anak ASI itu lebi kecil dbandingkan anak yg minum sufor tetapi anak ASI daya tahan tubuhnya lebi kuat krn susu asi lebi higienis dan mengandung nutrisi tanpa ada bahan buatan spt yg ada pd sufor

    paud anak ceria says :
    Betul sekali mbak Capricia … salam hangat ๐Ÿ™‚

  7. aku setuju ayah juga punya power menyehatkan anak….waktu aku menyusui anakku kalo malem anakku mau nyusu suamiku selalu buatin aku susu hangat dulu sebelum menyusui jadinya asinya lebi berisi dan hangat juga ktnya……

    paud anak ceria says :
    Saling pengertian dan kerjasama antar anggota keluarga memang diperlukan demi memberikan yang terbaik bagi buah hati kita semua … salam hangat buat bunda dan keluarga ..๐Ÿ™‚

  8. saat” menyusui itu adalah saat” yg paling indah……bahagia banget bisa menyusui anakku sampai 2 thn…..sempet bingung stlh lepas asi hrs kasi susu apa soalnya kawatir ga cocok, kemanisan atau terlalu kental……apalagi takut susunya pake bahan” kimia yg ga bagus buat pertumbuhan dan kesehatan anak

    paud aak ceria says :
    Moment menyusui memang moment terindah bagi para ibu, dan ibu juga tidak perlu meragukan akan kandungan ASI.
    Betul sekali mbak Camill ..
    salam hangat๐Ÿ™‚

  9. Asi memang yg terbaik buat anak, baik untuk daya tahan tubuhnya juga, anakku lebih jarang sakit saat asi. Tp mau ga mau setelah 2 thn anakku da stop asi, jd aku juga cari sufor yg ga jauh dr asi kandungan & rasanya yg ga terlalu manis,

    paud anak ceria says :
    Betul sekali mbak Yuanita …๐Ÿ™‚
    Salam hangat

  10. Pantesan anak asi lebih pinter & sehat, sedangkan anak sufor lebih gemuk. Makanya klo pilih susu juga harus hati2, jangan samapi anak obesitas gara2 susunya banyak mengandung gula tambahan

    paud anak ceria says :
    Betul mbak Rennie, kehati-hatian dalam memilih sufor yang cocok dan baik untuk buah hati sangat diperlukan, agar tidak membawa pengaruh yang tidak kita harapkan bagi buah hati kita ..
    Salam hangat ..๐Ÿ™‚

  11. wow.. bagus tulisannya.. bisa disebarin nih buat ibu2 muda yg males ngasih ASi ke anaknya…

    paud anak ceria says :
    Thanks mbak Rara, smoga bermanfaat ya .. salam hangat ..๐Ÿ™‚

  12. syukurlah aku ASIX sampe 6bulan, meskipun sempet dikasih sufor pas di RS waktu ASInya blm keluar… dan katanya anak yg ASI cenderung nantinya gak bertubuh kegemukan loh!

    paud anak ceria says :
    Betul sekali mbak Winnie ……… salam hangat ..๐Ÿ™‚

  13. oke kalo gitu aku akan siap2 ASIX pas anakku lahir nanti.. thanks infonya.. jd pingin cepet2 lahiran nih 2bulan lagi…hihii..

    paud anak ceria says :
    Makaasii mbak Triana .. semoga kandungannya selalu sehat y .. tetap smangat dan ceria !!
    Salam hangat dari kami๐Ÿ™‚

  14. kalu bisa asi itu diberikan sampai usia bayi 2 tahun jika memang asi si ibu tidak bisa untuk memenuhi kebutuhan di bayi bisa diberikan susu formula yang tidak mengandung gula tambahan, karena pada dasarnya asi kan tidak manis biar anaknya tidak terbiasa dengan yang manis2.

    paud anak ceria says :
    Betul Bu Santi, sebaiknya ASi diberikan hingga bayi berusia 2 (dua) tahun, mengingat kandungan ASi bebas dari bahan kimia dan mencegah bayi mengalami obesitas karena kelebihan kandungan gula yang banyak disebabkan oleh sufor.
    Salam hangat dari kami …..๐Ÿ™‚

  15. kalau bisa jangan putus deh asi nya. sebisa mungkin. asi itu bagus bgt buat si anak. untuk perkembangan anaknya.

    paud anak ceria says :
    Setuju sekali mbak Chika ..๐Ÿ™‚

  16. iya lowh bu, untung asi ku selama ini cukup untuk si kecil, asi aku bisa aku kasih ke anak ku sampai dengan dia usia 2 tahun. Puji Tuhan bgt deh.

    paud anak ceria says :
    ASI memang seharusnya diberikan hingga usia bayi berumur 2 (dua) tahun, dan baik untuk kesehatan dan perkembangan bayi ..
    salam hangat buat mbak Mitha dan keluarga ..๐Ÿ™‚

  17. paling tidak saling melengkapi lah satu sama lain karena jika anak sudah berumur 2tahun kan juga ga bisa terus2an diberi asi, mau ga mau harus mengkonsumsi susu formula.. nah yg justru jd mslh skrg bnyk sufor anak yg mengandung added sugar yg bisa menyebabkan anakjadi obesitas..untuk itu pilih2lah dahulu sufor anak yang tepat sebelum memberikannya ke anak.

    paud anak ceria says :
    ASI memang diprioritaskan untuk dikonsumsi bayi hingga usianya 2 (dua) tahun, nemun jika perlu diberikan sufor memang diperlukan kecermatan dan kehati-hatian dalam memilihnya agar tidak menimbulkan dampak yang negatif bagi bayi .. Betul sekali mbak Sitti ..
    Salam hangat……..๐Ÿ™‚

  18. share dong bun, kalau asi nya kurang lancar dari awal melahirkan gimana dong? contohnya seperti saya..dari bayi saya lahir saya memberikannya susu formula, tapi denger2 dari teman kalau susu formula itu bisa menyebabkan anak jadi hyperactive, bener ga sih?? kalau benar, apa itu adalah pengaruh dari salah satu kandungan ( kandungan gula yang berlebih pada sufor ) yang terdapat dalam sufornya?? kalau iya, apa solusinya?

    paud anak ceria says :
    Dalam kondisi tertentu pada ibu, kadang ASI keluarnya tidak lancar dan menggangu dalam kelancaran pemberian ASI pada bayi.
    Pemberian sufor dapat memberikan dampak obesitas karena kandungan gula yang berlebih, dan kandunga zat tepung yang berlebihj uga dapat menyebabkan hyperactive pada bayi.
    Konsultasi dengan ahli gizi dapat memberikan solusi yang terbaik akan pemilihan sufor yang aman bagi bayinya.
    Tetap semangat dan ceria ya mbak Linda !! .. salam hangat

  19. mau tanya dong bun, anak saya kan baru saja lepas asi dan rencananya akan saya berikan susu formula.. minta rekomendasinya dong susu formula apa yang baik untuk balita ya yg ga terlalu manis karena keluarga saya ada keturunan diabetes.thx’z

    paud anak ceria says :
    Konsultasi dengan ahli gizi akan lebih baik hasilnya bunda Riany, sehingga rekomend atas sufor yang cocok untuk bayi dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan keamanan bayi bunda ..
    Salam hangat ..๐Ÿ™‚

  20. saya menyadari sih pentingnya asi untuk perkembangan otak anak di masa golden age nya..tapi saya kmrn hanya bisa memberi asi selama 2 bln..karena ada infeksi payudara,jadi dalam masa pengobatan,anak diberi sufor..
    sayangnya setelah pengobatan,anak udah gak mau asi lagi..
    tapi asi nya saya pilih yg tanpa gula tambahan,agar tidak memicu obesitas..

    paud anak ceria says :
    Memang dalam kondisi tertentu, ibu terhambat dalam memberikan ASi pada bayinya, sehingga harus dicarikan solusi dengan memberikan sufor yang baik dan aman bagi bayi .
    Kecermatan dan kehati-hatian dalam memilih sufor sangat diperlukan, sehingga bayi terhindar dari efek negatif dari pemberian sufor yang tidak tepat bagi kebutuhan bayi ..
    Salam hangat ………. )

  21. membaca judul blog ini saya baru menyadari kenapa anak yg minum susu sapi lebih mudah gemuk dibanding yg asi..
    untung saya bisa memberikan anak asi eksklusif 6 bulan..๐Ÿ™‚
    sekarang anak saya sudah lepas asi,saya lanjutkan dengan memberinya susu formula..
    setelah membanding2kan beberapa merk susu,saya menjatuhkan pilihan ke anmum essential,karena kandungan gulanya 0.
    biar anak saya gak kelebihan konsumsi gula n jadi beresiko obesitas..

    paud anak ceria says :
    Pemberian sufor memang memberikan dampak obesitas pada bayi karena kandungan kadar gulanya yang tinggi. Pengetahuan, kecermatan dan kehati-hatian dalam memilih sufor yang baik bagi bayi sangat diperlukan untuk menghindari dampak negatifnya.
    Terimakasih mbak Maylinda .. salam hangat๐Ÿ™‚

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s