Waspadai Penyakit di Musim Pancaroba

Metro Siang / Sosbud / Sabtu, 5 Maret 2011 12:21 WIB

Metrotvnews.com, Jakarta: Pergantian musim selalu diiringi mewabahnya sejumlah penyakit. Perubahan cuaca dari musim hujan memasuki musim kemarau atau sebaliknya membuat tubuh harus beradaptasi ekstra keras. Dari udara panas dan kering hingga tiba-tiba dingin dan lembab. Ditambah lagi angin kencang yang menerbangkan debu.

Perubahan cuaca yang tiba-tiba membuat daya tahan tubuh menurun. Anak-anak, terutama balita, termasuk yang sangat rentan penyakit pada musim ini. Menurut data Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo Jakarta, kini

penyakit yang kerap ditemui adalah diare, infeksi saluran pernafasan atas (ISPA) dan demam berdarah.

Gejala awal gangguan saluran pernafasan atas biasanya berupa batuk, bronkhitis, pilek atau influensa disertai bersin-bersin dan peningkatan suhu tubuh atau demam. Demam itu bukan merupakan penyakit melainkan gejala tubuh yang dalam kondisi membangun pertahanan melawan infeksi.

Musim pancaroba juga kerap menimbulkan gangguan pencernaan berupa diare. Penyakit ringan ini juga bisa berakibat fatal jika terjadi pada anak balita yang kurang mendapat perawatan.

Perubahan iklim juga memperburuk penyebaran penyakit. Dalam sepuluh tahun terakhir sebanyak satu setengah juta orang di seluruh dunia meninggal akibat penyakit yang ditimbulkan perubahan iklim. Penyakit yang umumnya menyerang tersebut adalah malaria, demam berdarah dan influenza.

Beragam penyakit tersebut dapat disebabkan bakteri, parasit maupun virus. Di musim pancaroba virus dan bakteri banyak berkembang biak. Bahkan, belakangan ini banyak terjadi penyakit yang disebabkan virus yang terdengar masih asing. Seperti virus Roseola yang menimbulkan bercak-bercak merah di kulit menyusul panas tinggi, flu Singapura, penyakit kaki dan mulut serta gondongan.

Sejumlah cara bisa dilakukan untuk mengantisipasi menjangkitnya penyakit pada anak -anak, yaitu dengan memberikan imunisasi, menjaga asupan makanan yang bersih dan bergizi, cukup beristirahat, mengonsumsi multivitamin dan menjaga kebersihan diri dan lingkungan

http://www.metrotvnews.com/read/newsvideo/2011/03/05/123641/Waspadai-Penyakit-di-Musim-Pancaroba

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s