Bagaimana Memilihkan Sekolah Yang Tepat Untuk Anak Anda?

Anda sedang bersiap mencari sekolah baru untuk putra-putri Anda? Sebaiknya carilah referensi yang memadai dulu sebelum menentukan sekolah yang akan dipilih. Anda juga harus bertindak cerdas dan cermat dalam memilih sekolah. Bukan maksud saya untuk menjustifikasi sekolah tertentu jelek atau baik, melainkan sekedar mengingatkan akan target masing-masing orang tua terhadap pendidikan anak-anaknya. Ini penting mengingat pilihan orang tua bisa jadi akan menentukan masa depan anak Anda kelak.

Berbeda pada saat menentukan jenjang pendidikan strata 1, yang penentuannya didominasi atas kehendak anak. Pada jenjang sekolah dasar dan menengah faktor orang tua masih berperan penting bahkan lebih dominan. Untuk itu orang tua perlu sedikit pemahaman dan pertimbangan yang matang sebelum memilihkan sekolah untuk anak-anaknya.

Sekolah memang bukan satu-satunya pilar penentu masa depan Anak. Banyak pilar lain yang turut menyokong, misalnya keluarga, kompetensi anak, bakat lahir, dan lingkungan sosial. Namun sekolah memiliki peran yang lebih dominan dalam membentuk karakter dan mengembangkan kompetensi anak. Maka tidak heran jika semua orang tua menginginkan anaknya bisa masuk di sekolah unggulan/berkualitas. Mereka berharap anak-anak mereka akan memperoleh pendidikan yang lebih baik di sana. Dan ketika lulus nanti akan menjadi anak yang pintar dan terampil sebagaimana yang diharapkan.

Boleh dan sah-sah saja memiliki harapan sebaik itu. Namun, sebagai orang tua Anda harus realistis dan siap dengan konsekuensi apa pun yang harus ditanggung. Anak anda harus betul betul siap mental dan pikiran, begitu pula dengan Anda yang harus siap dengan segala kewajiban yang dituntut nantinya. Baik itu biaya maupun partisipasi aktif yang telah diprogramkan sekolah. Bila Anda dan anak Anda memang sudah siap dengan semua itu, maka bersegeralah memenangkan persaingan ketat merebut bangku sekolah unggulan. Semoga berhasil!

Tips Memilihkan Sekolah Untuk Anak

Bila dalam penjelasan sebelumnya saya khususkan kepada para orang tua yang menghendaki anaknya masuk di sekolah unggulan. Yaitu sekolah yang memang telah memiliki reputasi baik dan memiliki nilai plus dibandingkan dengan sekolah-sekolah lain, penjelasan dan tips berikut saya khususkan bagi Anda yang masih mencari-cari sekolah yang cocok untuk Anak Anda.

Anda tentu memiliki pertimbangan sendiri dan berbeda-beda soal kelangsungan pendidikan anak Anda. Namun, setidaknya tips berikut bisa membantu Anda mengingat faktor lain yang mungkin terlupakan dalam daftar pertimbangan Anda.

Tentukan Visi Keluarga Terhadap Anak Anda

Apa harapan yang Anda inginkan pada anak Anda pada masa depan mereka. Harapan yang baik adalah yang memenuhi dua hal: ingin bisa apa anak Anda dan ingin menjadi apa anak Anda ke depan. Dan keinginan tersebut harus seimbang antara sukses dunia dan akhirat.

Pilih Sekolah Yang Memiliki Visi Yang Relevan

Anda harus datang ke sekolah yang akan Anda pilih untuk memastikan bahwa sekolah tersebut memiliki visi yang sama atau mendekati dengan visi keluarga Anda. Visi sekolah bisa Anda ketahui dengan cara berdialog langsung dengan pimpinan sekolah atau Anda baca brosur-brosurnya. Namun perlu diketahui bahwa tidak semua brosur sekolah merepresentasikan secara nyata kondisi sekolah. Beberapa brosur sengaja didesain untuk menampilkan hal-hal yang terbaik saja dari sekolah. Jadi, Anda harus cerdas juga dalam membaca brosur sekolah.

Libatkan Anak Anda

Perlu Anda sadari bahwa yang akan sekolah adalah anak Anda. Mereka perlu diajak untuk menentukan pilihan. Tentu dengan pengarahan sebelumnya. Sampaikan harapan Anda terhadap masa depan anak Anda sehingga menjadi pertimbangan anak kita ketika ikut memilih sekolah.

Lihat Program Sekolah

Setelah Anda mengetahui visi sekolah maka coba Anda teliti program-program yang dirancang oleh pihak sekolah. Apakah program-program itu cukup untuk mencapai visi sekolah yang diharapkan. Untuk itu tanyakan pula indikator-indikator tercapainya visi sekolah untuk melihat kecukupan programnya.

Siapa Guru-Gurunya

Sekolah berkualitas hampir selalu identik dengan guru-gurunya yang berkualitas. Oleh karena itu, guru harus menjadi pertimbangan utama dalam memilih sekolah anak Anda. Hal yang penting perlu dicermati adalah bagaimana akhlak mereka serta apakah mereka mudah diajak kerja sama untuk mendidik anak Anda.

Cari Referensi dari Lulusan

Output atau income siswa pada sebuah sekolah adalah bukti paling real dari kualitas sekolah yang ditawarkan. Anda bisa bertanya pada teman atau tetangga atau saudara atau orang lain yang Anda kenal yang putranya ada di sekolah yang Anda pilih.

Apakah Fasilitas Sekolah Aman dan Nyaman

Fasilitas sekolah tidak harus mewah. Yang terpenting adalah pertama tidak membahayakan fisik anak Anda dan yang kedua rapi dan bersih. Sekolah yang rapi dan bersih secara tidak langsung mengajarkan anak Anda untuk bersikap rapi dan bersih. Demikian sebaliknya, kelas-kelas yang kotor akan menjadikan anak kita kehilangan sense tentang kebersihan.

Amati Budaya Sekolah

Sekolah yang memiliki budaya/kultur yang baik akan melahirkan sikap-sikap yang baik pada anak didiknya. Sekolah yang berkualitas minimal harus memiliki 5 budaya: budaya disiplin waktu, budaya membaca, budaya bersih, budaya prestasi, dan budaya akhlak yang mulia.

Aktivitas Kegiatan Ekstrakurikuler

Sekolah yang baik adalah sekolah yang memberikan support dan waktu yang memadai untuk kegiatan ekstrakurikuler. Semakin beragam kegiatan ekstrakurikuler yang disediakan maka semakin baik sekolah tersebut. Anak anda akan memiliki banyak pilihan sesuai minatnya. Dan yang pasti anak Anda akan semakin betah di sekolah untuk mengikuti kegiatan-kegiatan sekolah yang kreatif dan produktif tersebut.

Jarak Sekolah dan Sarana Transportasi

Anda juga harus mempertimbangkan jarak sekolah dengan rumah Anda. Cari sekolah yang lebih dekat dengan rumah Anda. Selain ringan di ongkos dan menghemat waktu, sekolah yang dekat dengan rumah akan menghemat energi anak Anda.

Perhatikan juga sarana transportasi yang menghubungkan sekolah dengan rumah Anda. Jika menggunakan sana transportasi umum, pertimbangkan kemudahan mendapatinya. Dan bila Anak Anda menggunakan kendaraan pribadi, perhatikan faktor keselamatan selama perjalanan pulang pergi ke sekolah.

Kemampuan Dana Anda

Sekolah yang bermutu biasanya membutuhkan pendanaan yang lebih besar. Untuk itu Anda harus jeli menghitung kemampuan keuangan untuk membiayai sekolah Anak Anda. Anda tidak perlu memaksakan diri. Buatlah perencanaan yang matang untuk kebutuhan pendidikan Anak. Sukur-sukur Anda menemukan sekolah yang berkualitas namun dengan biaya yang relatif murah. Cari referensi sebanyak-banyaknya soal yang satu ini. Jangan biarkan keuangan keluarga Anda menjadi tidak sehat atau anak Anda gelisah karena di tengah jalan Anda merasa tidak mampu lagi membiayai kebutuhan sekolahnya.

Itulah beberapa pertimbangan yang bisa Anda gunakan sebelum menentukan sekolah yang tepat untuk anak Anda. Pada realitanya mungkin tidak semua daftar pertimbangan di atas dapat terakomodir secara baik. Namun, saya yakin Anda lebih tahu mengenai skala prioritas yang Anda tetapkan.

Salam Sukses!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s