Membuat Play Dough Yang Higinis & Bebas Racun

Play dough atau play-doh, istilah populer jaman sekarang. Dulu suka pakai istilah malam atau plastisin. Kadang ada orang yang menyebutnya lilin mainan, karena bahan untuk membuatnya mungkin sama dengan bahan dasar membuat lilin/ parafin. Tapi kurang nyaman dipakai karena bikin tangan jadi berminyak.

Menyenangkan sekali bermain dengan play dough. Bisa membuat aneka bentuk semau kita. Dulu kita pernah memakai tanah liat sebagai media. Setelah dibentuk, lalu dijemur hingga kering. Dari mulai bentuk standar: asbak dan lainnya Murah (gratis malah…) tapi tidak meriah. Selain warnanya yang cuma satu macam (ngga asik lagi warnanya), juga tidak dijamin bebas kuman.

Sekarang, anda sudah punya resep membuat play dough yang aman buat dimainkan. Dan resepnya diambil dari buku Creative Child karya Dr.Dorothy Einon. Anak-anak suka sekali, karena adonannya tidak lengket apalagi berminyak seperti yang kebanyakan dijual di pasaran. Terus, warnanya menarik sekali…dan ada wangi makanannya. Karena pakai pewarna makanan dalam bentuk essence atau pasta.

Buatnya gampang sekali:
2 cup tepung terigu
1 cup garam halus
2 sdt minyak goreng
1 cup air
aneka pewarna makanan

Semua bahan dicampur rata. Boleh pakai tangan, pakai food processor juga OK. Lalu dihangatkan dalam panci besar (atau oven sebelah bawah) sampai diperoleh gumpalan yang lunak. Bisa juga adonannya tidak pakai minyak atau tidak dipanaskan. Tapi adonannya kurang halus. Kalau adonan dirasa kurang lembut, bisa ditambahkan minyak lagi.

Bagi adonan menjadi beberapa bagian. Warnai sesuai selera. Campur sampai rata. Kalau saya suka pakai pasta strawberi untuk warna merah, pasta durian untuk kuning, pandan untuk hijau, jeruk untuk warna jingga dan pasta moka untuk warna coklat. Wanginya…hmm…menggugah selera. Tapi hati-hati kalau tergoda untuk mencicipi. Sebab rasanya: asin buangedh!!!

One response to “Membuat Play Dough Yang Higinis & Bebas Racun

  1. cara manasinnya gimana ya ?

    paud anak ceria says :
    playdough tidak perlu dipanaskan bu nadila .. karena sifat bermain playdough adalah melatih motorik halus anak dengan meremas dan membuat model dari playdough tersebut selagi playdough tersebut mengeras dengan sendirinya.
    demikian bu nadila … salam hangat🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s