Nutrisi untuk Tumbuh Kembang Anak

Oleh : Nana Lisnawati. Staff Pendidik

Seorang anak kekurangan atau kelebihan zat gizi harus dilakukan dengan pemantauan secara menyeluruh. Walaupun tidak dipungkiri kebanyakan anak yang mengalami kekurangan gizi umumnya memiliki berat badan lebih ringan dan lebih pendek daripada yang berkecukupan karena memang Nutrisi memegang peranan yang sangat penting dalam tumbuh kembang anak selain kebutuhan sandang, papan, dan kesehatan, baik makronutrien (karbohidrat, lemak dan protein) maupun mikronutrien (vitamin dan mineral).

Orang tua bersaing untuk mencerdaskan anaknya dengan berusaha mendapatkan pendidikan yang berkualitas tinggi serta menjaga kesehatan tubuh anaknya. para orang tua sekarang ini dengan berlomba-lomba mempertinggi kualitas anaknya dengan memberikan bermacam jenis makanan dan berbagai produk suplemen yang ditawarkan ,Dalam urusan kesehatan anaknya, banyak orang tua beranggapan anaknya tidak sehat gara-gara si buah hati tidak segemuk anak temannya atau saudara yang lain.

Dalam Tumbuh kembang anak, nutrisi memiliki dua peranan penting Yaitu nutrisi bertanggung jawab untuk pertumbuhan fisik dan kematangan seksual dan diperlukan memenuhi kebutuhan energi yang dibutuhkan anak dan menyiapkan otak sebagai hardware dalam proses pencerdasan”.

oleh karena itu seorang ibu harus memastikan bahwa keluarganya mengonsumsi beraneka ragam makanan termasuk susu dalam menu mereka sehari-hari .

Susu adalah sumber nutrisi terbaik, tidak hanya mengandung kalsium yang tinggi untuk tulang tapi juga mengandung lima gizi utama seperti karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral,” kalsium susu lebih mudah diserap tulang karena mengandung Osteoprotegerin, yakni zat pengantar kalsium ke dalam tulang dan merangsang pembentukan massa tulang. Selain itu susu juga mengandung lactoferin yang berfungsi meningkatkan daya tahan tubuh. “Minimnya susu pada anak-anak yang asupan gizinya tidak lengkap akan mengakibatkan pertumbuhan yang lambat dan daya tahan tubuh yang rendah, jadi bisa dapat simpulkan bahwa susu berperan penting untuk tumbuh kembang anak yang optimal serta untuk kesehatan dan vitalitas tubuh manusia di segala usia agar dapat meraih hari esok lebih baik.

 

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s