KURIKULUM PAUD BERBASIS ISLAM

BAB I

 

PENDAHULUAN

 

A. Latar Belakang

    Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang sistem pendidikan di Indonesia terdiri dari pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar, pendidikan menengah, dan pendidikan tinggi yang keseluruhannya merupakan kesatuan yang sistemik. Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) diselenggarakan sebelum jenjang pendidikan dasar. PAUD dapat diselenggarakan melalui jalur pendidikan formal, nonformal, dan/atau informal. PAUD pada jalur pendidikan nonformal berbentuk Kelompok Bermain (KB), Taman Penitipan Anak (TPA), atau bentuk lain yang sederajat. Kelompok Bermain adalah salah satu bentuk PAUD pada jalur pendidikan non formal yang memberikan layanan pendidikan anak usia dini bagi anak usia 2 sampai dengan 6 tahun, yang berfungsi untuk membantu meletakkan dasar-dasar kearah perkembangan sikap, pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan bagi anak usia dini dalam menyesuaikan diri dengan lingkungannya dan untuk pertumbuhan dan perkembangan selanjutnya, sehingga siap memasuki pendidikan dasar.

    Anak usia dini merupakan individu yang berbeda, unik, dan memiliki karakteristik tersendiri sesuai dengan tahapan usianya. Masa usia dini merupakan masa keemasan (golden age) dimana stimulasi seluruh aspek perkembangan berperan penting untuk tugas perkembangan selanjutnya. Perlu disadari bahwa masa-masa awal kehidupan anak merupakan masa terpenting dalam rentang kehidupan seseorang anak. Pada masa ini pertumbuhan otak sedang mengalami perkembangan yang sangat pesat (eksplosif). Perkembangan pada tahun-tahun pertama sangat penting menentukan kualitas anak di masa depan. Perkembangan intelektual anak usia 4 tahun telah mencapai 50%, pada usia 8 tahun mencapai 80% dan pada saat mencapai sekitar 18 tahun perkembangan telah mencapai 100%.

    Bagi anak, pendidikan yang tepat pada usia dini akan menjadi pondasi keberhasilannya pada masa yang akan datang. Ia akan menjadi sebuah individu yang cerdas, penuh percaya diri dan mampu mengarungi kehidupan dengan segala tantangannya dengan baik. Dia akan menjadi manusia yang berkualitas, berkepribadian kuat dan berguna bagi masyarakat. Hal tersebut dapat dipenuhi dengan pendidikan anak usia dini yang berbasis akidah Islam. Pendidikan anak usia dini yang berbasis agama Islam adalah membentuk anak yang berkepribadian Islam, yaitu memiliki aqidah Islam sebagai landasan ketika berpikir dan bersikap didalam menjalani kehidupan. Anak yang memiliki kepribadian Islam adalah anak yang memiliki kelebihan dalam banyak hal, sehingga mereka bisa dikatakan sebagai Anak unggul. Anak unggul adalah anak yang sholeh/sholehah, cerdas, sehat dan pemimpin. Anak unggul adalah anak yang terarah cara berpikir dan bersikapnya berdasarkan akidah Islam dan memiliki kemampuan serta keterampilan yang bisa ia gunakan untuk kehidupannya sendiri maupun kehidupan bermasyarakat dan bernegara. Sehingga mereka siap menjadi pemimpin dimasa mendatang yang akan memberi sumbangan yang besar bagi kemajuan peradab suatu bangsa di mana mereka hidup.

    Atas dasar hal tersebut, maka kurikulum yang dikembangkan dalam Model PAUD Berbasis Agama Islam ini adalah program kegiatan belajar/kurikulum dengan pendekatan kelas berpusat pada anak, pembelajaran dengan pendekatan Beyond Center and Circle Time (BCCT) dipadukan dengan strategi pembelajaran tematik, yang diintegrasikan dengan nilai-nilai Islam.

    

B. Tujuan

    Pengembangan Kurikulum PAUD Berbasis Agama Islam di Kelompok Bermain digunakan sebagai acuan penyelengaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan yang telah direncanakan.

 

C. Pengertian

    Pendidikan Anak Usia Dini adalah suatu upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut.

    PAUD Berbasis Agama Islam
di Kelompok Bermain adalah adalah salah satu layanan pendidikan anak usia dini pada jalur nonformal yang menyelenggarakan program pendidikan umum dan pendidikan keagamanan Islam bagi anak berusia dua tahun sampai enam tahun.

    Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi dan bahan belajar serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelengaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu.

 

BAB II

 

PENGEMBANGAN KURIKULUM

 

 

A. Ruang Lingkup

 

Kurikulum PAUD Berbasis Islam di Kelompok Bermain ini menggunakan kurikulum PAUD yang disusun oleh Tim Pengembang berdasarkan accuan Menu Pembelajaran Generik dari Direktorat PAUD Ditjen PNFI Depdiknas dan memperhatikan 9 kemampuan belajar anak diintegrasikan dengan akidah Agama Islam, yang meliputi : kecerdasan linguistik, kecerdasan logika-matematik, kecerdasan visual spasial, kecerdasan musikal, kecerdasan kinestik, kecerdasan interpersonal, kecerdasan intrapersonal, kecerdasan naturalis dan kecerdasan spiritual.

Ruang lingkup Aspek-aspek pengembangan :

a. Pengembangan nilai moral agama

b. Pengembangan fisik

c. Pengembangan bahasa

d. Pengembangan kognitif

e. Pengembangan social emosional

f. Pengembangan seni

 

B. Pendekatan Pembelajaran

1. Prinsip-Prinsip Pembelajaran

    Pendekatan pembelajaran pada pendidikan anak usia dini berbasis Agama Islam hendaknya memperhatikan prinsip-prinsip sebagai berikut :

a. Berorientasi pada kebutuhan anak

    Anak usia dini adalah anak yang sedang membutuhkan upaya-upaya pendidikan untuk mencapai optimalisasi semua aspek perkembangan baik perkembangan fisik maupun psikis. Dengan demikian berbagai jenis kegiatan pembelajaran hendaknya dilakukan melalui analisis kebutuhan yang disesuaikan dengan berbagai aspek perkembangan dan kemampuan pada masing-masing anak.

b. Belajar melalui bermain atau bermain sambil belajar

    Bermain merupakan pendekatan dalam melaksanakan kegiatan pendidikan anak usia dini, dengan menggunakan strategi, metode, materi/bahan dan media yang menarik agar mudah diikuti oleh anak. Melalui bermain anak diajak untuk bereksplorasi, menemukan, memanfaatkan dan mengambil kesimpulan mengenai benda di sekitarnya.

c. Kebermaknaan

    Sesuatu yang bermakna bagi anak menunjukkan pada pengalaman-pengalaman belajar yang sesuai dengan minat-minatnya. Pelaksanaan pembelajaran PAUD yang masih lebih menekankan pada kegiatan akademik (membaca, menulis, dan berhitung) serta hafalan yang kurang bermakna bagi anak, seyogyanya diarahkan pada pembelajaran yang berpusat pada minat-minat anak dengan menerapkan pembelajaran yang sesuai dengan tingkat perkembangannya.

d. Pendekatan kreatif dan inovatif

    Proses kreatif dan inovatif dapat dilakukan melalui kegiatan-kegiatan yang menarik dan membangkitkan rasa ingin tahu anak untuk berpikir kritis dan menemukan hal-hal baru.

e. Lingkungan yang kondusif

    Lingkungan harus diciptakan sedemikian rupa sehingga menarik dan menyenangkan dengan memperhatikan keamanan serta kenyaman yang dapat mendukung kegiatan belajar melalui bermain.

f. Menggunakan pembelajaran terpadu

    Model pembelajaran terpadu berdasarkan tema yang menarik dan dapat membangkitkan minat anak (center of interest). Hal ini dimaksudkan agar anak mampu mengenal berbagai konsep secara mudah dan jelas sehingga pembelajaran menjadi mudah dan bermakna bagi anak.

g. Mengembangkan berbagai kecakapan hidup

    Mengembangkan keterampilan hidup dapat dilakukan melalui berbagai proses pembiasaan. Hal ini dimaksudkan agar anak mampu menolong diri sendiri mandiri dan bertangung jawab serta memiliki disiplin diri, mampu bersosialisasi dan memperoleh bekal keterampilan dasar yang berguna untuk kelangsungan hidupnya.

h. Menggunakan berbagai media dan sumber belajar

    Media dan sumber pembelajaran dapat berasal dari lingkungan alam sekitar atau bahan-bahan yang sengaja disiapkan.

i. Pembelajaran yang berorientasi pada prinsip-prinsip perkembangan anak, yaitu anak belajar dengan sebaik-baiknya apabila kebutuhan fisiknya terpenuhi, siklus belajar anak selalu berulang, anak belajar melalui interaksi sosial dengan orang dewasa dan teman sebaya, perkembangan dan belajar anak harus memperhatikan perbedaan individual dan anak belajar dengan cara dari sederhana ke rumit, dari kongkrit ke abstrak, dari gerakan ke verbal dan dari keakuan ke rasa sosial.

 

2. Pendekatan Kurikulum

    PAUD Berbasis Islam di Kelompok Bermain mengembangkan program kegiatan belajar/kurikulum dengan pendekatan kelas berpusat pada anak, pembelajaran dengan pendekatan Beyond Center and Circle Time (BCCT) dipadukan dengan strategi pembelajaran tematik berintegrasi dengan nilai-nilai Islam

a. Pendekatan dalam Pengembangan Kurikulum

Pendekatan kelas yang berpusat pada anak (child centered approach) adalah suatu kegiatan belajar dimana terjadi interaksi dinamis antara guru dan anak atau antara anak dengan anak lainnya, dengan ciri sebagai berikut : (1) berorientasi pada perkembangan anak, (2) berorientasi pada bermain, (3) berdasarkan proses, dan (4) bersifat terbuka / bebas.

2. Pengembangan Tematik

    Sedangkan pembelajaran tematik merupakan suatu strategi pembelajaran yang melibatkan beberapa bidang pengembangan untuk memberikan pengalaman yang bermakna kepada anak. Keterpaduan pada pembelajaran ini dapat dilihat dari aspek atau waktu, aspek kurikulum, dan aspek belajar mengajar. Pembelajaran tematik diajarkan pada anak karena pada umunya mereka masih melihat segala sesuatu sebagai satu keutuhan (holistic) perkembangan fisiknya tidak pernah dapat dipisahkan dengan perkembangan mental, social dan emosional.

    Kekuatan pembelajaran tematik adalah : (1) Pengalaman dan kegiatan belajar relevan dengan tingkat perkembangan dan kebutuhan anak, (2) Menyenangkan karena bertolak dari minat dan kebutuhan anak, (3) Hasil belajar akan bertahan lebih lama karena lebih berkesan dan bermakna, (4) mengembangkan keterampilan berpikir anak dengan permasalahan yang dihadapi, dan (5) Menumbuhkan keterampilan social dalam bekerja sama, toleransi, komunikasi dan tanggap terhadap gagasan orang lain.

3. Pengembangan Sentra

    Pembelajaran dengan pendekatan Beyond Center and Circle Time (BCCT) adalah pembelajaran anak usia dini dengan kegiatan bermain melalui sentra-sentra. Setiap sentra memberikan kesempatan kepada anak untuk melakukan kegiatan bermain sensorimotorik, simbolik dan pembangunan. Kegiatan ini bertujuan mengembangkan aspek-aspek perkembangan anak yang meliputi perkembangan moral dan agama, kognitif, fisik, sosio emosional, bahasa dan seni. Setiap sentra juga mengembangkan seluruh aspek kecerdasan anak. Sentra-sentra yang dikembangkan terdiri dari :

1. Sentra Main Peran, adalah tempat bermain sambil belajar untuk mengembangkan imajinasi , imtag, iptek dan akhlaqul karimah.

2. Sentra Bahan Alam, adalah adalah tempat anak melakukan kegiatan dengan berbagai alat dan bahan alam ciptaan Allah, baik yang kering dan yang basah disesuaikan dengan kebutuhan perkembangan anak. Dengan berbagai alat dan bahan alam tersebut, Insya Allah akan membantu mengembangkan keimanan, ketaqwaan dan akhlakul karimah dan ke 6 aspek bidang pengembangan anak melalui metode bermain sambil belajar integrasi pendidikan Imtaq.

3. Sentra Seni dan Kreatifitas, adalah tempat anak bermain sambil belajar untuk mengembangkan keimanan, ketaqwaan, akhlaqul karimah, kemampuan kognitif dan  berbahasa, dengan menggunakan sarana penunjang. Sentra ini juga sebagai tempat untuk mengenalkan anak tentang berbagai macam budaya bangsa ciptaan Allah yang berbeda-beda, baik perbedaan suku, makanan, tradisi/kebiasaan dan agama yang ada. Selain itu juga bertujuan untuk mengembangkan keterampilan dan kreatifitas anak, serta mengembangkan motorik halus dan motorik kasar anak dalam menggunakan berbagai alat musik yang sederhana.

4. Sentra Balok, adalah tempat anak bermain sambil belajar untuk mengembangkan ke 6 aspek bidang pengembangan dengan bantuan alat-alat permainan edukatif dan guru bertindak sebagai fasilitator dan motivator serta teman bermain anak. Bermain dengan balok mengenalkan pada konsep matematika seperti : bentuk, ukuran, jumlah, pecahan, ruang, luas, sempit, dll.

5. Sentra Persiapan, adalah tempat anak bermain sambil belajar untuk mengembangkan 6 aspek bidang pengembangan kemampuan anak dengan integrasi Imtaq dan Akhlaqul Karimah serta untuk mengembangkan persiapan membaca, persiapan menulis dan persiapan matematika dan kegiatan khusus lainnya, terutama untuk usia 5 – 6 tahun

Kegiatan di masing-masing sentra menggunakan tahap-tahap pembelajaran sebagai berikut :

a. Pijakan lingkungan main

    Pada tahap ini, pendidik mempersiapkan segala sesuatu yang akan digunakan untuk bermain anak. Dalam penataan lingkungan pendidik seharusnya memperhatikan pengelompokan dan penataan bahan main, penggunaan warna, penataan alat dan perabot dan jumlah serta jenis bahan main yang dipilih. Pendidik sebaiknya menyiapkan tiga tempat bermain pada setiap anak.

b. Pijakan sebelum main

    Merupakan tahap kegiatan, dimana guru mempersiapkan anak untuk bermain sesuai dengan tema yang ditentukan. Kegiatan ini dilaksanakan di tiap-tiap sentra kegiatan. Persiapan dilakukan melalui bernyanyi, bercerita, menjelaskan aturan main dan membuat kesepakatan-kesepakatan dengan anak.

c. Pijakan saat main

    Pada tahap in, guru mengamati anak-anak untuk melihat bagaimana mereka berinteraksi dengan teman sebaya, berbagi informasi dan memecahkan masalah.

d. Pijakan setelah main

    Tahap ini dilakukan setelah bermain selesai dilakukan. Pendidik meminta anak untuk menceritakan pengalamannya saat bermain sebagai upaya untuk mengingatkan kembali pengalaman bermainnya. Di samping itu pendidik mendorong anak untuk membereskan alat bermain.

 

3. Metode Pembelajaran

Metode yang digunakan adalah multi-metode dapat melalui simulasi, bermain peran, demonstrasi, eksperimen, tanya jawab, ceramah bervariasi, penugasan terhadap anak.

 

C. Penilaian

    Penilaian dapat dilakukan dengan cara`antara lain : pengamatan dan pencatatan anekdot. Pengamatan dilakukan untuk mengetahui perkembangan dan siap anak yang dilakukan dengan mengamati tingkah laku anak dalam kehidupan sehari-hari secara terus menerus, sedangkan pencatatan anekdot merupakan sekumpulan catatan tentang sikap dan perilaku anak dalam situasi tertentu.

Alat penilaian yang dapat digunakan untuk memperoleh gambaran perkembangan kemampuan dan perilaku anak adalah :

1. Portofolio, yaitu penilaian berdasarkan kumpulan hasil kerja anak yang dapat menggambarkan sejauh mana keterampilan anak berkembang.

2. Unjuk kerja (performance), merupakan penilaian yang menuntut anak untuk melakukan tugas dalam perbuatan yang dapat diamati, misalnya praktik baca do’a, melakukan gerakan sholat dll.

3. Penugasan (Project) merupakan tugas yang harus dikerjakan anak yang memerlukan waktu yang relatif lama dalam pengerjaanya. Misalnyamelakukan percobaan menanam biji.

4. Hasil karya (Product) merupakan hasil kerja anak setelah melakukan suatu kegiatan.

 

D. Rambu-Rambu

1. Kurikulum untuk PAUD Berbasis Islam ini merupakan acuan bagi para pendidik, orang tua dan orang dewasa lain untuk digunakan dalam rangka menstimulasi perkembangan anak. Kurikulum harus dipahami secara keseluruhan, bukan bagian-per bagian.

2. Kompetensi dasar merupakan pengembangan aspek perkembangan pada anak yang diwujudkan dalam kebiasaan berpikir dan bertindak sesuai dengan usianya berupa pengetahuan, keterampilan, sikap dan nilai-nilai yang dapat dikenali melalui sejumlah hasil belajar dan indikator yang dapat diukur dan diamati.

3. Hasil belajar merupakan cerminan kemamampuan anak yang dicapai dari suatu tahapan pengalaman belajar dalam satu kompetensi dasar.

4. Indikator merupakan hasil belajar yang lebih spesifik dan terukur dalam satu kompetensi dasar. Apabila serangkaian indikator dalam satu kompetensi dasar sudah tercapai, berarti target kompetensi dasar tersebut sudah terpenuhi.

5. Standar kompetensi /perkembangan ini merupakan standar perkembangan minimal. Pendidik dapat memberikan pengayaan apabila anak telah menguasai kemampuan pada tahap perkembangannya.

5. Penggunaan kurikulum ini bersifat fleksibel yang disesuaikan dengan lingkungan sosial dan budaya anak.

 

KUTIPAN DARI MATERI PELATIHAN PAUD, DIKNAS BANJARBARU, 10-11 MEI 2010

 

 

 

 

    

About these ads

22 responses to “KURIKULUM PAUD BERBASIS ISLAM

  1. kirim lagu-lagu paud ke email saya, thank

    paud anak ceria says:
    Insyaallah nanti lagu-lagu paud akan kami posting dalam waktu dekat, khususnya lagu-lagu yang biasa dinyanyikan oleh siswa-siswa paud anak ceria.Terimakasih sudah berkunjung ibu … salam hangat dari kami semua. :)

  2. Selamat Pagi,

    Didaerah saya yang penduduknya hanya 100an KK ( Satu RW) sudah berdiri sekolah Raudhatul athfal sekitar 2 tahunan. Awal tahun ajaran 2010 ada Program PAUD dari Pemerintah dan berdirilah PAUD dengan guru-gurunya dari Kader PKK dan mereka tanpa ada komunikasi dengan pihak sekolah RA yang sudah berdiri lebih awal. Jalan terbaiknya bagaimana tentang Program belajar PAUD tsb dengan tidak mengganggu kredibilitas RA yang sudah ada ?

    Ditunggu jawabannya

    Wa alaikum salam wr wb.

    War Lee

    paud anak ceria says
    wassalamu’alaikum Wr, Wb
    terima kasih atas kunjungannya ke blog sekolah kami,
    memang menjadi permasalahan jika dalam satu rw ada dua sekolah dengan dengan share market yang sama, yang berakibat dari prosentase serapan siswa yang tidak optimal.
    namun dari pengalaman kami, kebetulan sekolah kami diapit oleh dua tk dan satu paud dalam jarak yang kurang dari 3 km, dengan sumber daya siswa dari tiga komplek perumahan, maka kami berupaya untuk menonjolkan sesuatu yang lebih yang tidak dimiliki oleh ke tiga sekolah tetangga kami tersebut.
    Alhamdulillah sampai saat ini sekolah kami tetap menjadi pilihan para orang tua, bahkan dari warga yang jauh dari lokasi sekolah kami ini.
    Saran kami adalah buatlah kekhasan sekolah raudhataul atfhal yang bapak/ibu kelola, dengan program-program yang tidak dimiliki oleh sekolah tetangga, dan program tersebut hendaklah program yang saat ini dibutuhkan oleh para orang tua untuk kepentingan putra/putrinya (buatlah survey untuk hal itu). kemudian kemasan metode dan materi pembelajaran yang menarik dalam pembelajaran yang membuat siswa kerasan di sekolah.
    segi pelayanan/hospitality pendidik pun perlu mendapat perhatian dan kalau perlu perbaikan, sehingga memberikan tingkat kepercayaan yang tinggi para orang tua terhadap sekolah, dan memberikan kenyamanan bagi semua siswa. serta perhatikan pula rasio pendidik dan siswa ( 1;5 s/d 1;15)
    Sebenarnya banyak hal persuasif yang bisa pihak sekolah lakukan, dan malah dengan adanya keberadaan sekolah tetangga, pihak sekolah bapak/ibu justru ditantang untuk lebih kreatif dalam mengolah materi saji..
    tampilkan sesuatu yang dinamis, inovatif dan beda, niscaya sekolah bapak/ibu tidak akan terpengaruh dengan keberadaan sekolah lain yang sejenis.
    Demikian jawaban kami, salam hangat untuk penegelola dan staff pendidik sekolah bapak/ibu.
    Wassalamu’alaikum Wr, Wb

    Staff Pendidik

  3. bisa minta contoh promes dan RKM untuk model pembelajaran sentra ? kalau bs, dikirimkan ke emil saya ya ? jzklh.

    paud anak ceria says :
    Insyaallah akan kami kirimkan contoh promes nya bu wiwik.

    • Bu,sebenarnya TPP Permen 58 tahun 2009 itu Pengganti menu generik ataukah Bisa digabung,karena selama ini masih belum ada sosialisasi tentang hal ini.terima kasih

      paud anak ceria says :
      Bunda .. memang tidak ada sosialisasi mengenai apakah Permen 58/2009 tersebut sebagai pengganti Menu Generik 2002. Menurut pengalaman kami dalam menyusun kurikulum pada PAUD Anak Ceria, acuan yang dipegang saat ini adalah LP dan TPP yang ada pada Permen 58/2009 tanpa harus lagi menggunakan Menu Generik 2002 dalam pembuatan RPP. Apakah bisa dikombinasikan atau tidak tergantung kebijakan sekolah masing-masing bunda, bisa saja menerapkan LP dan TPP yang ada di Permen secara bertahap, mengingat RPP yang ada masih sedang berjalan pada sekolah yang bersangkutan.
      Mengingat di setiap sosialisasi Permen 58/2009 dalam pembuatan RPP berbasis karakter tidak menyinggung Menu Generik 2002, maka kamipun beranggapan bahwa dalam pembuatan RPP berbasis Karakter mestilah menggunakan Permen 58/2009 sebagai acuannya.
      Demikian bunda .. semoga bermanfaat ..

  4. as.. pak saya baru buka RA tahun ini boleh saya minta silabus prosem or protanya sekaligus minta nyanyian anak-anak tk. oya pak saya punya rencana untuk membuka kelompok bermain masih dalam satu naungan yayasan yang sama bagaimana menurut bapak ? bisakan pak hal yg seperti itu dilakukan

    paud anak ceria says :
    Selamat atas beroperasinya RA-nya bunda, Program Pendidikan Anak Usia Dini seperti yang telah pernah kami posting merupakan pendidikan anak usia 0-6 tahun dengan melalui jalur formal (TK dan RA) dan non formal (TPA, KB, SPS).
    Pada ijin operasional formal (TK dan RA) hanya berlaku untuk pelaksanaan program untuk anak usia 4-6 tahun. sedangkan untuk ijin operasional non formal (PAUD) dapat mencakup pelaksanaan program untuk anak usia 0-6 tahun.
    Jika bunda ingin membuka program kelompok bermain, meski dalam satu naungan yayasan, maka bunda harus mengajukan perijinan untuk kelompok bermain, atau dapat mengajukan perizinan untuk PAUD Sejenis, dimana satu ijin operasional dapat memuat semua program seperti TPA, KB dan TK dalam satu kesatuan ijin operasional, seperti yang telah kami laksanakan sekarang ini, dimana kami melaksanakan program toddler, kelompok bermain, dan taman kanak kanak dalam satu ijin dan satu tempat.
    Lagu anak PAUD dapat bunda lihat pada postingan sebelumnya, tetapi mohon ma’af kami belum menyertakan notasi nadanya.
    Mengenai program tahunan dan semester, insyaallah akan kami emailkan bunda.
    Salam sukses selalu.

  5. artikel menari.. dan blog yang luar biasa…
    Saya juga punya koleksi lagu anak-anak..
    cocok banget untuk media pengajaran anak-anak usia dini…
    ada juga tips parenting..dan tips pendidikan kreatif..
    pokoknya komplit deh..
    kunjung ya…
    http://lagu2anak.blogspot.com

    kalau mau bertukar link…silakan..

    paud anak ceria says :
    terimakasih kak zepe …. oh y lagu2 dari kak zepe memang banyak yang menarik bagi anak usia dini ..

    smangat terus berkarya y kak zepe …

  6. assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh…
    boleh saya minta silabus prosem or protanya sekaligus minta nyanyian anak-anak KB (Kelompok Bermain)

    paud anak ceria says :
    waalaikum salam warahmatullahi wabarakatuh
    terimakasih sudah mampir di blog sekolah kami bunda .. Mengenai permintaaannya untuk silabus insyaalaah akan kami emailkan bunda ..
    salam hangat dari kami

    • Asmlkm.wr.wb..
      tolong krimkan lagu2 paud ke email saya..
      makasih….

      paud anak ceria says :
      insyaallah bunda .. salam hangat :)

  7. asmlkm…
    buk, tolong krimkan lagu2 paud dan cara mengajar yg d bsa menarik perhatian anak2..
    khususnya anak yg hiperaktif

    paud anak ceria says :
    insyaallah bunda .. salam hangat :)

  8. assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh…
    saya rencana mendirikan TPA dan KB, apakah harus mendapat ijin ? boleh saya minta silabus prosem or protanya sekaligus minta nyanyian anak-anak KB (Kelompok Bermain)

    paud anak ceria says :
    wa’alaikum salam warahmatullahi wabarakatuh,
    Betul sekali pak Rais, mendirikan program PAUD harus mendapatkan ijin operasional dari Kantor BP2T setempat untuk tiap-tiap jenis program (KB, TPA dan SPS) sedangkan untuk program TK hanya perlu mendapat Surat Ijin Operasional dari Kantor Dinas Pendidikan Setempat.
    Sebelum mendapatkan ijin operasional Lembaga sudah harus berjalan dulu selama 2 (dua) tahun, dan sejak bulan pertama sudah harus memberikan “laporan bulanan” perkembangan lembaga kepada Dinas Pendidikan setempat.
    Sebelum membuat prota dan prosemnya pak Rais harus menentukan terlebih dahulu visi dan misi sekolah, dimana pembuatan prota dan prosemnya disesuaikan dengan isi dari visi dan misi lembaga pak Rais, jadi antar sekolah prota dan prosemnya tentu berbeda.
    Lagu-lagu paud bisa bapak copy paste pada postingan kami terdahulu, tetapi tanpa partiturnya pak karena keterbatasan kami dalam mengolah meterinya.
    Semoga sukses pak Rais .. salam hangat

  9. aslm…tolong kirimkan contoh kurikulum untuk PAUD ke email saya ya..terimakasih.

    pad anak ceria says :
    wa’alaikum salam wr, wb ..
    Boleh saja bunda Ery, tetapi kami kesulitan jika mesti mengirimkan via email, karena ukuran filenya yang besar dan bandwidht internet kami yang kecil.
    Tetapi bunda bisa menyusun kurikulum dengan acuan Permen Nomor 58 Tahun 2009, kemudian mengembangkannya menjadi prota dan prosem yang disesuaikan dengan visi dan misi lembaga bunda … salam hangat :)

  10. Ass.wr,wb
    bu, saya mengajar anak usia 3 th an, tolong dong kasih masukan cara belajar/metode belajar apa yang cocok anak sesuai itu n kirim lagu2 anak cerianya n kirimkan ke email saya.hatur nuhun
    wassalam

    paud anak ceria says :
    Tentang teknik mengajar untuk anak usia 3 tahun adalah dengan memperhatikan asfek perkembangan dan tingkat pencapaian perkembangan sesuai dengan tingkatan usianya (lihat Permen 58/2009) dengan banyak menggunakan pendekatan bermain sambil belajar, dan belajar seraya bermain bunda … Bunda bisa baca pada postingan kami terdahulu mengenai bermain sambil belajar …
    Lagu-lagu paud bisa di copy paste pada postingan lagu anak paud bunda …
    semoga sukses bunda .. salam hangat :)

  11. Assalamu ‘alaikum…bu…saya baru mengajar di PAUD usia 3,4 tahun….bagaimana cara mengajar yang baik untuk usia itu,selain bermain,bernyanyi dan menari,,apakah anak anak seusia itu boleh dikasih pelajaran membaca/mengenal huruf dan belajar menulis..? mohon sarannya…..trmiakasih.

    paud anak ceria says :
    Waalaikum salam … Bunda Een, teknik yang disarankan untuk mengajar bagi anak usia dini adalah dengan menerapkan metode belajar sambil bermain, dan belajar seraya bermain, bunda dapat lihat pada postingan kami terdahulu mengenai hal tersebut. Hal yang harus dipertimbangkan dalam memberikan materi adalah lingkup asfek perkembangan anak sesuai dengan tingkatan usianya .. dapat bunda lihat pada Permen 59 tahun 2009.
    Materi pengenalan huruf dan angka pada anak usia 3-4 tahun (usia kelompok bermain) dapat bunda berikan dengan menggunakan metode tersebut, sehingga materi yang diberikan mudah diserap oleh anak. dan kondisi belajarnya lebih menyenangkan karena dilakukan seraya anak bermain.
    Demikian Bunda Een, salam hangat :)

  12. Alhamdulillah bisa menemukan blog ini. Bisakah membatu saya memberikan model-model pembelajaran yang terpenting untuk anak usia dini?. terima kasih

    paud anak ceria says :
    Terimakasih sudah mampir bunda, model pembelajaran untuk anak usia dini telah kami posting pada strategi pembelajaran bunda .. silahkan dibaca ya .. salam hangat :)

  13. assalamu’alaikum,
    mohon bisa dikirim ke email, materi-materi u/paud termasuk kurikulum berbasis agama islam, menyanyi, bermain, dan materi lainnya yang mungkin bisa kami terapkan di tempat kami.
    terima kasih sebelumnya, mudah-mudahan sukses selalu.
    wassalamu’alaikum

    paud anak ceria says :
    waalaikum salam warahmatullahi wabarrakatuh
    insyaallah bunda akan kami kirimkan via email … salam sukses buat bunda

  14. Assalamu”alaikum wr.wb. Saya sangat salut dengan pengelola paud ceria yang rela berbagi ilmu meski hanya lewat sebuah tulisan..saya sangat berharap bantuannya untuk memberikan contoh pembelajaran sains lewat metode demonstrasi yang berhubungan dengan tema Alam semesta sebagai bahan untuk Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ) , trimakasih sebelumnya, semoga paud ceria selalu sehat dan cerdas sepanjang usia.

    paud anak ceria says :
    wa’alaikum salam wr,wb, terimakasih bu indah .. semoga bermanfaat ya .. Insyaallah materinya kami posting .. salam sukses buat bu indah .. :)

  15. ass…wr wb met pagi… bolehkah saya minta contoh RKM dan RKH & Program semester. sekolah kami baru akan memulai metode BBCT T.A ini jadi kami masih harus banyak belajar. Sebelumnya Jazakawloh…. wasalam

  16. Assalamualaikum bu,saya mengucapkan terima kasih atas ilmu yang ibu berikan saya di minta memberikan cara pembuatan kurikulum di himpaudi besuk hari jumat, saya belum paham cara pembuatan promes apakah yang saya buat itu sudah benar ,untuk itu saya minta tolong contoh promes yang benar untuk PAUD KB

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s